Mengenai Saya

Foto saya
dina,, nama yang sederhana, sesederhana orangnya.... :)

Selasa, 27 Desember 2011

KODE ETIK PROFESI ANALIS KIMIA



Kode etik adalah sistem norma, nilai dan aturan tertulis yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan tidak baik bagi suatu profesi. Kode etik pada hakikatnya adalah memuat aturan-aturan atau norma-norma yang dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas atau profesi. Nilai-nilai atau norma-norma itu terkandung didalam suatu sistem yang dijadikan pedoman untuk bertingkah laku ataupun untuk menjalankan tugas yang berlaku bagi sekelompok orang yang terlibat dalam kelompok profesi.

Tujuan dari adanya kode etik ini adalah untuk mencegah suatu profesi berbuat hal yang diluar dari kewenangannya dan juga untuk memberikan jasa sebaik-baiknya kepada pemakai atau nasabahnya.

Kode etik merupakan suatu aturan yang dibuat untuk ditaati oleh suatu profesi, ketaatan tersebut merupakan ketaatan naluriah yang telah ada dalam pikiran, jiwa dan perilaku tenaga profesi. Oleh sebab itu, jika seseorang melanggar kode etiknya sendiri maka profesinya akan rusak dan yang rugi adalah dirinya sendiri.

Setiap profesi memiliki kode etik, misalnya kode etik analis kimia. Analis kimia adalah aktifitas terstruktur untuk mengetahui jenis dan jumlah senyawaan yang terkandung dalam suatu bahan. Seseorang yang berprofesi sebagai seorang analis kimia memiliki tanggung jawab yang sangat besar terhadap hasil analisis yang didapatkan, sebab hasil yang didapatkan akan dijadikan sebagai dasar dari pengambilan suatu keputusan. Oleh sebab itu, seorang analis kimia harus bersikap sesuai kode etik yang berlaku. Jangan sampai karena suatu hal yang dilakukan oleh seorang analis dapat merusak nama baik seorang analis itu sendiri.



Dina Ratnawati
095490

Tidak ada komentar:

Posting Komentar